China Menyalahkan Australia untuk Hubungan Tegang

China telah mengeluarkan teguran baru ke Australia karena ketegangan antara kedua negara terus mendidih, dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi menyalahkan mitra dagangnya untuk meludah dan mengatakan itu terserah Australia untuk mendapatkan hubungan mereka kembali ke jalurnya.

“Karena alasan pihak Australia, hubungan antara China dan Australia menemui beberapa kesulitan,” kata Wang dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa. “Jika Australia benar-benar berharap untuk mendapatkan hubungan bilateral kembali di jalur yang benar, Australia harus membuang pemikiran tradisionalnya dan melepas kacamata berwarna untuk mengambil pendekatan proaktif terhadap pembangunan China.”

Komentar itu, datang langsung setelah pertemuan antara Wang dan timpalannya dari Australia Julie Bishop di Buenos Aires pada hari Senin, menunjukkan seberapa jauh hubungan telah memburuk sejak Desember, ketika Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan laporan tentang campur tangan Tiongkok dengan media, universitas dan pembuat undang-undang adalah katalisator. untuk undang-undang anti-asing yang lebih ketat.

Undang-undang, belum lulus parlemen, akan melarang sumbangan politik asing dan mengharuskan orang atau organisasi yang bertindak untuk kepentingan kekuatan luar negeri untuk mendaftar dan mengungkapkan hubungan mereka.

AS, Jepang, dan negara-negara di Asia Tenggara yang belum selaras dengan China akan mengawasi ini dengan cermat, kata Malcolm Davis, seorang analis senior di Institut Kebijakan Strategis Australia dan mantan penasihat pemerintah tentang kebijakan pertahanan.

“Australia tidak boleh mundur dan saya tidak berpikir kemauan China, jadi pendinginan dalam hubungan ini bisa terus berlanjut,” kata Davis melalui telepon. “Australia perlu memberi contoh bahwa negara-negara dapat mempertahankan tekad kuat terhadap tekanan Tiongkok dan tidak mengijinkan Cina mendikte kebijakan luar negeri dan pertahanan mereka.”

Pelecehan Bisnis
Sementara itu, komunitas bisnis prihatin dengan spat yang melukai perdagangan, dengan peningkatan yang direncanakan dalam ekspor daging sapi yang terhenti oleh China dan Treasury Wine Estates Co. mengatakan pekan lalu petugas bea cukai China telah menunda pengiriman karena persyaratan baru yang “tampaknya hanya berlaku untuk Negara Australia.” anggur Asal. ”

Bishop menggunakan wawancara pada hari Selasa untuk mengecilkan spat itu dan mengatakan dia bermaksud mengunjungi China “segera,” dengan Turnbull untuk menyusul akhir tahun ini. Namun, Wang mengatakan pada hari Selasa bahwa pertukaran dan kerja sama antara kedua negara telah dipengaruhi oleh perselisihan.

“China menganggap penting hubungan China-Australia dan kami ingin berkomunikasi dengan Australia tentang bagaimana mengambil langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan hubungan bilateral,” kata Wang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *